Cara Mudah Membuat Surat Lamaran Kerja dan Daftar Riwayat Hidup dengan Microsoft Word 2012

Sabtu, 24 Maret 2012

Terdapat beberapa dokumen penting untuk melamar bekerja pada sebuah perusahaan. Dokumen utama yang diperlukan yakni Surat lamaran Bekerja dan Curriculum Vitae (Daftar Riwayat Hidup).

Ada beberapa point penting sebelum anda menyampaikan atau membuat Surat Lamaran Bekerja ini, hal pentingnya adalah bagaimana format penulisan, cara pengetikan, poin-poin penting tentang diri anda dan format dokumen elektronik yang seharusnya anda kirimkan.

Hal-hal berikut yang harus dipersiapkan:

A. Mengatur lembar kerja

Perlu dilakukan pengaturan ruang kerja di lembar kerja anda, hal ini membantu dalam aktivitas pengetikan dan pengeditan lembar kerja. Beberapa hal utama yang perlu dilakukan adalah:

1. Untuk memudahkan pengetikan di lembar kerja, munculkan “Ruler” dengan cara klik menu View > kemudian klik Ruler.



2. Untuk memudahkan pengukuran dokumen kerja anda, diperlukan merubah pengukuran dari inchi ke centimeter. Klik File > Option > Advanced



Lalu menuju ke Display di bagian Advanced (di bawah) dan pilih di “Show measurements in units of” pilih Centimeters.

3. Secara default Word mengaktifkan menu untuk membantu agar tidak muncul garis merah dan garis hijau di lembar kerja, klik menu Review > Spelling&Grammar. Lalu muncul kotak dialog:




Klik tombol Option. Lalu muncul kotak option di bawah ini:



Kemudian hilangkan tanda centang pada “Check spelling as you type” dan “Mark grammar error as you type”.

4. Langkah selanjutnya anda harus mengatur ukuran kertas, klik Page Layout > Size, lalu pilih jenis kertas yang sesuai. Pilih ukuran standar kertas A4, seperti di bawah ini:





5. Kemudian atur margin lembar kerja yang merupakan pengaturan batas kiri, kanan, atas dan bawah kertas. Klik Page Layout > Custom Margins.



Lalu isikan dengan nilai berikut: Top: 3cm, Left: 4cm, Bottom: 3cm, Right: 2cm. Lalu klik Ok.

6. Langkah terakhir adalah mengatur spasi baris, pada menu home
Perkecil gambar iniPerbesar gambar ini







B. Membuat Surat Lamaran Bekerja

Setelah kita mengatur lembar kerja di atas, langkah selanjutnya adalah membuat surat lamaran bekerja. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:




1. Ketikkan dokumen berikut:

Medan, 27 Juni 2012
Kepada Yth,
Manager Komunikasi PT Jayabaya Sumatera
Di tempat


Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

2. Kemudian buatlah pengaturan tabulasi rata kanan dengan mengklik langsung di ruler di lembar kerja anda, seperti di bawah ini:


Kemudian ketikkan dokumen di bawah ini:

Nama : Amrin Amran (Demikian juga kalimat di bawah ini)

Pendidikan Akhir : S1 Ekonomi Universitas Budi Perkasa
Alamat : Jl.B.Katamso Gg. Kopi No. 19
Telepon : 081233322199

Dengan ini mengajukan lamaran bekerja sebagai Divisi Komunikasi di perusahaan Bapak. Usia saya 22 tahun, belum menikah dan memiliki kesehatan yang sangat baik, dedikasi yang tinggi, disiplin, loyalitas terhadap pekerjaan, mampu bekerja dalam tim, dan saya bersedia ditempatkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini beberapa ijazah yang saya miliki:
1. Ijazah Sarjana.
2. Transkrip Nilai Sarjana.
3. Sertifikat kursus Computer Microsoft Office.
4. Sertifikat kursus Bahasa Inggris.
5. Kartu Tanda Penduduk, SIM A dan SIM C.

Demikian permohonan ini saya sampaikan, besar harapan saya semoga Bapak dapat mempertimbangkannya. Atas segala perhatian Bapak, saya haturkan terima kasih.
Hormat saya

Amrin Amran

3. Setelah selesai mengetik dokumen di atas pastikan rapi dan pastikan telah anda pilih rata kanan dan penomoran yang benar. Untuk melihat apakah hasil kerja anda bagus, bisa menekan CTRL+SHIFT+8, untuk mengetahui karakter-karakter yang kemungkinan kurang tepat dalam dokumen.

4. Jika sudah selesai, silahkan simpan hasil kerja anda.

SUMBER: http://eko.webmediacenter.com

Surat Lamaran Kerja Networking and Telecommunication Engineering

HUMAN RESOURCES DEPARTMENT
PT. Banl Syariah BRI


Dear sir or Madam,

I heard information about job in this company. I would be much appreciated if you consider me to join with this company for position as Networking and Telecommunication Engineering.

I was fresh graduated from S1 ............. University Information's Engineering Computers with GPA 2,xx. I understand Windows NT, 2007 and XP, Program Power Builder, Delphi Programming, Macromedia Flash 5.0 / MX Programming, visual basic. Net (.net framework), Internet, network computer, Database Systems, Computer Security and able to operate computer.

I feel in response any tasks that your company may assign to me. Besides, I am person who can work either independently or as part of a team. I am also responsible. hardworking, eager to learn and explore new things. Enclosing my Curriculum Vitae, certificates and recent photograph for you perusal in considering my application. I should be grateful if you grant me an interview.

I am looking forward to hearing from you and I can be reached at +6281911109899. Thanks for you Kind attention to this application

Yours faithfully,



................

Surat Pengunduran Diri Dalam Bahasa Inggris IX

Jakarta, (date)

Mr. ........
(company name)
(complete address)


Dear Mr./ Mrs.......,

This is to formally notify you that I am resigning from PT... as (title). (Date) will be my last day of employment.

Thank you for the opportunity to work for such an outstanding organization.

Sincerely,

(your name)

Surat Lamaran Kerja Staf Kompensasi

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada
Yth : Bapak/Ibu Personalia
PT. Bank BCA Syariah Tbk
Di Tempat


Assalamu’alaikum Wr. Wb

Berdasarkan informasi yang saya terima bahwa Bank BCA Syariah membutuhkan tenaga kerja sebagai Staf Kompensasi. Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan tersebut, Saya mengajukan diri untuk bergabung menjadi karyawan yang bapak/ibu pimpin.

Pertama-tama, saya ingin memperkenalkan diri. Nama saya ..... Saya merupakan fresh graduate dari Diploma ..., jurusan ..........., dengan IPK 3.xx. Saya berusia ....tahun dan belum menikah.

Semasa kuliah, saya aktif di beberapa organisasi. Dengan berorganisasi menuntut saya untuk memiliki pribadi yang menyenangkan, dinamis, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dapat bekerja dalam tim maupun dengan inisiatif sendiri. Selain itu saya juga menguasai program komputer (MS Office) dan Bahasa Inggris dengan baik.

Demikian surat lamaran ini. Saya berharap kualifikasi saya memenuhi kriteria yang diperlukan dan saya sangat bersedia untuk mengikuti tes maupun wawancara yang akan dilaksanakan.

Besar harapan saya untuk ikut bergabung pada perusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,



..............

Surat Lamaran Kerja Manajer Transportasi

Jumat, 23 Maret 2012

Jakarta, 16 Februari 2012

Kepada Yth,
Head of Human Resources Dept.
PT. JNE (TIKI-JNE)
Jalan Pangeran Antasari
Jakarta

Dengan hormat,

Melalui surat ini saya mengajukan diri untuk bekerja di perusahaan Bapak, karena saya berkeyakinan bahwa pengalaman saya di bidang manajemen transportasi akan mendapat perhatian dari Bapak.

Seperti yang termuat dalam curriculum vitae terlampir, saat ini saya telah menjabat sebagai manajer transportasi udara di PT. ........... selama ..... tahun. Dalam posisi tersebut, saya telah berhasil mengembangkan wilayah pelayanan baru untuk jasa pengiriman kargo ke .......... di ......

Besar harapan saya agar Bapak sudi memberikan kesempatan wawancara agar saya dapat menjelaskan kemampuan dan potensi diri saya secara lebih mendalam. Karena saat ini masih berstatus sebagai karyawan di suatu perusahaan, saya akan sangat berterima kasih jika hal ini dijaga kerahasiaannya.

Terima kasih atas perhatian Bapak.


Hormat saya,


……………………

Surat Lamaran Kerja Staf Gudang / Logistik

Kepada Yth,
Kepala Personalia
PT. ACE Home Center
Jl. Iskandarsyah II

hal : lamaran pekerjaan


Dengan Hormat,

Bersama surat lamaran ini saya bermaksud agar dapat berkerja di bagian Staff Gudang/ Logistik di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Dengan ini saya melampirkan data diri:

Nama : ................
Jenis Kelamin / Status : ......... / .............
Tempat, Tanggal Lahir / Usia : .........., ........ / ..... Tahun
Alamat : Jln.................
Telp : (031) xxx xxx Hp : 0812 xxxx xxxx
Ijasah terakhir : S1 Manajemen Pemasaran
Pengalaman Kerja : PT. ...............................
Sebagai : Staff Gudang dan Checker barang selama ....

Dengan tugas :

– Mengontrol persediaan dan pembelian bahan baku utama.
– Mengecek barang pembelian sebelum masuk kedalam gudang
– Menjalin hubungan baik dengan pelanggan

Apabila ada persyaratan yang masih kurang lengkap, mohon menyusul. Demikian pemberitahuan dari saya, semoga Bapak/Ibu dapat mempertimbangkannya. Besar harapan saya untuk diterima pada perusahaan yang bapak/ibu pimpin.

Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,




..............

Surat Lamaran Kerja Staff Administrasi Keuangan Proyek

Yth. Bapak / Ibu
Kepala Personalia / HRD
PT. Kedaung Industri

Perihal : Lowongan Staff Administrasi Keuangan Proyek


Dengan Hormat,

Adalah suatu kebanggaan bergabung dengan PT. ........ di kota ....... tercinta. Saya ............. ingin bertemu dengan Bapak / Ibu untuk menjelaskan semua kualifikasi saya guna mengisi lowongan kerja sebagai Staff Finance pada Perusahaan yang bersangkutan.

Berdasarkan pengalaman kerja yang solid dibidang Administrasi selama .... tahun ditambah dengan latar belakang pendidikan Accounting, saya ingin membuktikan tidak ada masalah yang tak terselesaikan, tidak ada sesuatu yang tidak mungkin dicapai, saya datang dengan solusi untuk menciptakan suasana baru.

Profesional skills saya di bidang administrasi, dibangun dari Staff Administrasi keuangan ...., Staff ..... dan Staff Administrasi Keuangan Proyek. Perusahaan yang berbeda usaha namun satu tujuan yaitu Ilmu yang terus bertambah dan berdaya guna.

Kalau Bapak / Ibu berkenan melihat daftar riwayat hidup terlampir, akan terlihat selama ..... tahun, saya selalu berkecimpung dalam bidang pekerjaan yang sama tapi dengan struktur yang berbeda. Berpijak pada fakta diatas saya sangat yakin bisa memberikan kontribusi yang bermanfaat dalam memajukan perusahaan ini bahu membahu bersama dengan rekan-rekan lainnya.

Saya ingin mengucapkan rasa terima kasih yang terdalam dari lubuk hati yang paling dalam atas kesediaan Bapak / Ibu mempertimbangkan lamaran saya. Saya selalu menunggu kabar lanjut dari Bapak / Ibu.

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : ...............
Alamat : Jl. ................
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Telp : 0857xxx xxxx
Pendidikan terakhir : D-III Akuntansi

Hormat kami,




................

Surat Lamaran Kerja Mechanical Supervisor II

PT Leighton Contractors Indonesia
Jl. .............


Dear Sir/Madam,

I have to hear a career challenges from your company from internet. Please allow me to apply for a job in the position of Mechanic Supervisor in your company which you have needed. I would be interested in explore the possibility of obtaining such as position within this company.

I am .... years old, male. I have graduated from ....................

I have good command of written and spoken in English. Moreover, i am computer literate with specific software like MS.Office . I am a fast-learner, work well under pressure and like challenges of any kind of jobs. I surely will be to do my job well.

I have strong willingness to learn, strong interpersonal skills, and always open my mind for new challenges in work situation. I have high motivated, and I can self-motivated, good analytical skill, well cooperate within a team, and I am ready to be located in remote area.

I would like to discuss my qualifications and my strong eagerness with you in order to build up a career in your company at a convenient time of yours. Thank you for your consideration.

Yours sincerely,



......................

Surat Lamaran Kerja CPNS IV

Jakarta, September 2012
K e p a d a
Yth. Bapak ....

Dengan Hormat,

Kami yang bertanda tangan di bawah ini :

N a m a : .....

Tempat/Tanggal Lahir : ....

Jenis Kelamin : ....

A g a m a : ...

Pendidikan : ....

Alamat : ...

Pekerjaan yang dilamar : ....

Bersama ini kami mengajukan permohonan untuk dapatnya diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang. Berkaitan dengan hal tersebut, bersama ini kami sertakan kelengkapan berkas sebagai berikut :

1. Foto copy sah Ijazah terakhir sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan (dilegalisir pejabat yang berwenang) ;
2. Pas foto hitam putih terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar ;
3. Foto copy Kartu Pencari Kerja (Kartu Kuning) dilegalisir pejabat yang berwenang;
4. Surat keterangan sehat dari rumah sakit pemerintah.

Demikian permohonan ini kami buat, selanjutnya besar harapan kami untuk dapatnya diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten ..... Tahun 2012.

Hormat Kami,

Materai 6000

Surat Lamaran Kerja RBDP Affluent

Kamis, 22 Maret 2012

To The Honorably
Human Resources Department
PT Bank Danamon, Tbk
Jakarta

Dear Sir or Madam,

In reference to the information, that you are looking for qualified for Retail Banking Development Program (RBDP) Affluent to join your company, hence I submit this application letter.

I am a male, young, ... years old, energetic and highly motivated. I was graduated from ........... University, majoring in ............. I am ready to work under pressure and within teamwork, as well as my ability in intercultural communication.

I am sure I could put my extensive knowledge and my experience as .............. in your team to develop the company. I am ready to put in anywhere. By referring to the enclosed resume an overall of my specialized qualification would be acquired. I also send my recent photograph and curriculum vitae for more personal details.

I would appreciate if a personal interview were provided. I hope there would be a serious consideration on my request.

Sincerely,



...................

Surat Lamaran Kerja Pengajar / Guru SD

Rabu, 21 Maret 2012

Jakarta, ... ..... 2012

Kepada Yth,
Kepala Sekolah SDN ......
Di Tempat.


Dengan hormat,

Berkenaan dengan informasi yang saya dapatkan tentang penerimaan pengajar baru, serta mendengar kriteria-kriteria yang diperlukan dalam pekerjaan ini, Saya mengajukan lamaran ini untuk bergabung di Lembaga yang Bapak/Ibu pimpin karena sesuai dengan kriteria yang saya miliki. Untuk itu saya mencantumkan data riwayat hidup saya :

Nama : ...........................
Tempat, tanggal lahir : ...........................
Alamat : ...........................
Pendidikan : ...........................

Untuk bahan pertimbangan dengan ini saya lampirkan :
1. Foto copy KTP
2. Daftar riwayat hidup
3. Pas foto ukuran 3 x 4
4. Ijazah terakhir

Dalam resume terlampir, tercantum semua data mengenai diri saya. Saya sangat berharap, Bapak/Ibu berkenan memberi kesempatan interview kepada saya untuk mengetahui lebih jelas tentang kemampuan dan motivasi saya. Atas perhatian dan kesempatan yang Bapak/Ibu berikan, saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,



......................

Surat Pengunduran Diri Dalam Bahasa Inggris VIII

Jakarta, (date)
Mr. ........
(company name)
(complete address)

Re : Resignation Letter

Dear Mr./ Mrs..,

Please accept this letter as my formal notice of resignation from PT...., effective [date, two weeks from date above]. The associations I've made during my employment here will truly be memorable for years to come.

I hope a two-week notice is sufficient for you to find a replacement for me. If I can help to train my replacement or tie up any loose ends, let me know.

Thank you very much for the opportunity to work here.

Sincerely,


(your name)

Surat Lamaran Kerja Senior Administration Supervisor

Human Resources Department
PT. ...................
Jl. ...................

Dear Sir/Madam,

Referring to information that your company will have an opening for Senior Administration Supervisor. I certainly would appreciate the opportunity of being considered for this position.

I have graduated from ........... University Of Jakarta, I am also to speak English both oral and written, I am also having ability in correspondence English and Indonesia. I can operate computer especially Microsoft Office application programs.

Enclosed is my recent personal data listing qualification. A transcript of my grades maybe obtained if desired.

These, will I feel sure vouch for my ability to get on well with people and to work happily and efficiently. I like responsibility, enjoy the challenge of new situations, and derive much pleasure from improving my abilities and from helping others to improve theirs.

I look forward to being granted and interview, when I shall be glad to give you more details about myself.

Yours faithfully,


......................

Surat Lamaran Kerja Finance and Accounting Manager

Selasa, 20 Maret 2012

HRD Manager
PT Garuda Food Group


Dear Sir/Madam,

I am writing to inquire about the possibility of joining your company as Finance and Accounting Manager that might be available in your company.

I have graduated from ................ University, majoring in Accounting. I Understand Indonesia Taxation, Auditing and Accounting background and education. Based on my experience, I am willing to produce the best result, I am sure I can meet your requirements.

For your consideration, I have attachment my curriculum vitae. I can see an excellent opportunity to implement my extensive knowledge in finance and accounting at the same time growing as true professional in your company.

I Look forward to hear from you in the near future to schedule an interview at your convenience. I hope to learn more about your company's plans and goals and how I might contribute to its continued success.

Best Regards,


..................

Surat Lamaran Kerja Desainer Interior

Senin, 19 Maret 2012

Jakarta, 16 Februari 2012

Kepada Yth,
Kepala Desain Interior
Kantor Pusat PT. ............
Jl. ......................
Jakarta 10000

Dengan hormat,

Saya mendapat informasi dari............, kepala departemen ........ di ........., bahwa Anda membutuhkan Desainer Interior untuk menangani salah satu cabang ......... yang segera akan dibuka di daerah ......., Jakarta. Berdasarkan informasi tersebut, saya mengajukan diri untuk mengisi kebutuhan Desainer Interior itu.

Seperti yang telah dijelaskan dalam resume terlampir, saya adalah lulusan jurusan Desain Interior di Institut ...... Jakarta tahun 20xx. Saat ini saya bekerja lepas sebagai desain interior untuk sebuah event organizer di Jakarta.

Besar harapan saya agar Anda sudi memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan bahwa potensi dan kemampuan saya tersebut akan memberikan kontribusi yang bernilai untuk ......... Saya dapat dihubungi setiap waktu di 021-222222222.

Terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya,



..............

Surat Lamaran Kerja Radio Operator II

Head Office
PT. ..........
JI. .............
Jakarta (post code)

Dear Sir,

My name is ........... . I am Graduated From Sekolah Tinggi ............Jakarta major in ............. I intend to apply for Radio Operator or Any Position in your company. I enclosed my resume, current transcript, Microsoft office course certificate, English language course, and my Identity Card. I can operate PC and Microsoft Office.

I am willing to learn and I can also work as a team player. I also have good interpersonal skill, and communicate very well with all levels of people. I hope you will find that my educational background and ability suites to your expectations.

I would welcome the opportunity to discuss these and other qualifications that I have to serve the best for Your company. I am looking forward for your reply and response. Thank you for your time and considerations.

Best Regards,



.......................

Surat Lamaran Kerja Accounting I

June 11th, 2012

Attention To:
Mr. ...
PT. ..
Jl. ...
Jakarta

Dear Sir/Madam,

Having recently graduated with a Bachelor of Economy from the University of ...., I am very interested in gaining an opportunity to use the skills I have developed in your well known hotel. I am interested in the area of Accounting. However, I would be willing to gain experience in any area you feel is suited to my skills and experience.

I am particularly proud of my academic achievements, having gained a credit average throughout my degree, especially given that I have been on the job training in a five star hotel. My most recent work experience was as an Assistant Accountant with ... Hotel where I took responsibility for checking the bill and payment.

Enclosed is a copy of my resume and academic transcript for your consideration. I would be very interested in meeting with you to discuss any possibilities and look forward to hearing from you.

Yours sincerely,


..........

Surat Lamaran Kerja Laboratory Staff

Minggu, 18 Maret 2012

To :
HRD Manager
PT.Arta Boga Cemerlang


Dear Sir or Madam,

I would like to apply for a Laboratory Staff position on your company. Please view the enclosed resume and be well informed of my status of graduated from ............... Department, University of .......................

I am well-organized and high self motivated person and I work well with other people. I have high analytical skill base on my experienced as Laboratory Assistant. I am always interested in learning something new and willing to work hard. Therefore, I believe that I am able to join in your company.

I am available to arrange a further interview on any scheduling you delighted. Thank you for your kind attention and look forward to hearing from you immediately.

Sincerely yours,


............................
 
Support : Toko Online | Loker 2012 | Lowongan Kerja
Copyright © 2012. Kumpulan Arsip Contoh Surat Menyurat Lengkap - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger